Bank Mandiri Borong 8 Penghargaan Bergengsi pada Ajang ABF Awards 2024

Kompas.com - 05/07/2024, 16:22 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meraih delapan penghargaan bergengsi di ajang Asian Banking and Finance (ABF) Awards 2024.DOK. Humas Bank Mandiri PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meraih delapan penghargaan bergengsi di ajang Asian Banking and Finance (ABF) Awards 2024.

KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meraih delapan penghargaan bergengsi pada ajang Asian Banking and Finance (ABF) Awards 2024. Hal ini sekaligus menegaskan dominasinya di industri perbankan.

Delapan penghargaan itu, yakni Digital Transformation of the Year, Domestic Retail Bank of the Year, Mobile Banking and Payment Initiative of the Year, AI and Machine Learning Initiative of the Year, Data Governance Initiative of the Year, Private Bank of the Year, Domestic Trade Finance Bank of The Year, dan Domestic Cash Management Bank of The Year.

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan bahwa penghargaan tersebut menunjukkan komitmen Bank Mandiri dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah dan kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia.

Pencapaian tersebut mencerminkan keandalan bisnis wholesale dan retail Bank Mandiri yang menunjukkan kemampuannya dalam beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Pasar Kopi, Mentan SYL Upayakan Tingkatkan Minat Milenial Jadi Petani Kopi

Menurut Aquarius, keberhasilan Bank Mandiri dalam kategori Digital Transformation of the Year mencerminkan inisiatif digital yang inovatif, termasuk pengembangan platform mobile banking untuk mempermudah transaksi nasabah.

“Penghargaan ini juga mencerminkan dedikasi Bank Mandiri untuk terus berinovasi dalam menghadirkan solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan zaman,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (5/7/2024).

Pernyataan tersebut disampaikan Aquarius saat menerima penghargaan di ajang Asian Banking and Finance (ABF) Awards 2024 di Singapura, Kamis (4/7/2024).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas upaya perseroan dalam mentransformasi layanan perbankan melalui teknologi digital.

Baca juga: Proses Kredit Perbankan Masa Depan Autopilot?

Bank Mandiri akan terus berinovasi dan berinvestasi dalam teknologi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah dan masyarakat.

Keunggulan dalam layanan ritel dan perbankan

Bank Mandiri telah menunjukkan keunggulannya dalam layanan perbankan ritel dengan meraih penghargaan Domestic Retail Bank of the Year.

Melalui berbagai produk dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, Bank Mandiri berhasil mempertahankan posisinya sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia.

Bank Mandiri mencatat pertumbuhan positif dalam penyaluran kredit segmen ritel jika merujuk pada kinerja perseroan.

Baca juga: 5 Kekurangan Perseroan Terbatas (PT)

Pada akhir Maret 2024, total penyaluran kredit segmen retail banking Bank Mandiri tumbuh 10.9 persen secara year-on-year (YoY) menjadi Rp 363 triliun secara bank only.

Bank Mandiri juga memperoleh penghargaan Mobile Banking and Payment Initiative of the Year, yang menegaskan posisinya sebagai pelopor dalam solusi pembayaran mudah melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.

Dengan fitur-fitur yang ramah pengguna dan keamanan yang andal, Bank Mandiri terus berkomitmen untuk memberikan akses layanan perbankan yang mudah bagi semua nasabah.

Selain itu, hingga Mei 2024, aplikasi Livin' by Mandiri telah digunakan oleh 25,4 juta pengguna, atau meningkat 37 persen secara tahunan.

Baca juga: Lancar Tanpa Gangguan, 95.000 Tiket Konser Bruno Mars di Jakarta Terjual Habis di Livin’ by Mandiri

Total nilai transaksi Livin' by Mandiri hingga bulan Mei 2024, secara year to date (YtD) mencapai Rp 1.552 triliun dengan volume transaksi mencapai 1,45 miliar transaksi.

Livin’ by Mandiri tidak hanya menyediakan solusi keuangan komprehensif yang menggabungkan pengalaman perbankan dengan gaya hidup, tetapi juga terus memperkenalkan layanan inovatif, termasuk fitur terbaru Livin’ KPR untuk memudahkan nasabah dalam mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR).

Fitur Livin' KPR hadir sebagai solusi inovatif untuk menyederhanakan proses pembiayaan KPR, memastikan pengajuan KPR yang cepat dan efisien.

Keuntungan yang dapat dinikmati nasabah Bank Mandiri dengan Livin’ KPR meliputi pilihan properti yang variatif, suku bunga yang kompetitif, diskon biaya provisi, serta formulir pengajuan dan proses KPR yang mudah dan sederhana.

Baca juga: CIMB Niaga Genjot Pembiayaan KPR Hijau

Kehadiran fitur Livin’ KPR diharapkan dapat mengoptimalkan akuisisi KPR dan meningkatkan portfolio Mandiri KPR pada 2024. Saat ini, pencairan KPR Bank Mandiri telah meningkat sebesar 31,4 persen YoY.

“Kami percaya bahwa inovasi dan kualitas adalah kunci dalam memberikan pengalaman perbankan terbaik bagi nasabah kami. Sudah menjadi komitmen kami di Bank Mandiri untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan melalui inovasi-inovasi terdepan,” tutur Aquarius.

Bank dengan logo pita emas ini juga mendapatkan pengakuan internasional dalam kategori Artificial Intelligence (AI) and Machine Learning Initiative of the Year.

Lewat penghargaan itu, Bank Mandiri dinilai berinisiatif menerapkan teknologi kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan nasabah.

Pada saat yang sama, penghargaan Data Governance Initiative of the Year menunjukkan komitmen Bank Mandiri dalam menjaga integritas dan keamanan data nasabah, yang merupakan prioritas utama dalam operasional bank.

Baca juga: Kompleksnya Operasional Penerbangan Haji

Pengakuan sebagai Private Bank of the Year mencerminkan kepercayaan nasabah terhadap layanan Private Banking yang ditawarkan oleh Bank Mandiri kepada nasabah utama.

Hal tersebut sejalan dengan peningkatan terus-menerus dalam asset under management (AUM) yang mencapai lebih dari Rp 15 triliun hingga Maret 2024. Layanan ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nasabah kelas atas dengan berbagai solusi keuangan, investasi, dan bisnis yang eksklusif dan personal.

Dominasi pasar wholesale

Tak berhenti di situ, Bank Mandiri kembali menunjukkan dominasinya di pasar wholesale dengan meraih gelar Indonesia Domestic Trade Finance Bank of The Year.

Penghargaan tersebut mencerminkan komitmen Bank Mandiri dalam menyediakan layanan trade finance yang komprehensif, mendukung nasabah di setiap tahap operasional bisnis.

Baca juga: Kini Nasabah Krom Bank Bisa Transaksi QRIS lewat Aplikasi

Bank Mandiri memastikan kelancaran transaksi baik menggunakan metode documentary credit, documentary collection, maupun open account.

Aquarius menjelaskan bahwa Bank Mandiri juga menawarkan solusi pembiayaan yang komprehensif, mencakup tahap pre-shipment, in-transit, dan post-shipment.

Di samping itu, dia menjelaskan, Bank Mandiri juga berhasil menerima penghargaan Indonesia Domestic Trade Finance Bank of The Year pada ajang ABF Wholesale Banking Awards setiap tahun sejak 2015.

Hingga kuartal I-2024, kredit segmen wholesale banking Bank Mandiri mencatat pertumbuhan sebesar 25,1 persen secara YoY.

Baca juga: Cara Bayar Ujian CAT SKD Sekolah Kedinasan 2024 Lewat M-Banking

Di bidang layanan wholesale, Bank Mandiri juga meraih gelar Indonesia Domestic Cash Management Bank of The Year. Prestasi ini menunjukkan keunggulan Bank Mandiri dalam menyediakan produk dan layanan cash management untuk nasabah korporasi.

Aquarius menambahkan bahwa pengakuan tersebut didukung oleh inovasi digital Kopra by Mandiri yang diluncurkan pada Oktober 2021.

Kopra by Mandiri telah secara signifikan meningkatkan jumlah transaksi nasabah wholesale, dengan pengguna meningkat dua kali lipat menjadi 200.000 nasabah korporasi pada kuartal I-2024. Platform ini telah mengelola lebih dari Rp 4.800 triliun transaksi wholesale, dengan total 302 juta transaksi pada kuartal I-2024.

Kopra by Mandiri bukan hanya sekedar platform digital, tetapi menawarkan sejumlah fitur bermanfaat, seperti Centralized Account Management, Consolidated Financial Dashboard, dan Multiple Company IDs Soft Token. Fitur-fitur ini memungkinkan nasabah wholesale Bank Mandiri untuk mengelola dan memantau transaksi secara real-time dengan mudah.

Baca juga: Indodana Targetkan Panen Transaksi di Jakarta Fair 2024

Aquarius menegaskan bahwa semua inisiatif tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan, efisiensi operasional, dan pengalaman transaksi yang tanpa batas kepada seluruh pelaku ekosistem bisnis melalui satu platform digital.

“Seluruh penghargaan yang diterima Bank Mandiri pada ABF Awards 2024 merupakan bukti dari dedikasi Bank Mandiri dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabah, yang juga berkontribusi terhadap masyarakat dan perekonomian Indonesia,” jelasnya.

Bank Mandiri akan terus berkomitmen untuk mengembangkan layanan dan produk yang inovatif serta menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh nasabah dan mitra bisnis.

Baca juga: 3 Tips Penting untuk Membangun dan Mendapatkan Mitra Bisnis Franchise

Aquarius menjelaskan bahwa penghargaan tersebut adalah hasil kerja keras seluruh tim di Bank Mandiri.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi nasabah kami dan berkontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia. Terima kasih kepada seluruh nasabah dan mitra bisnis atas kepercayaan dan dukungannya,” ucapnya.

Terkini Lainnya
Dukung Pengembangan Pengusaha Lokal, Erick Thohir Luncurkan Kurikulum UMKM Berbasis Digital
Dukung Pengembangan Pengusaha Lokal, Erick Thohir Luncurkan Kurikulum UMKM Berbasis Digital
BANK MANDIRI
Hari Pelanggan Nasional, Bank Mandiri Bagi-bagi Bingkisan untuk Nasabah di Sulawesi
Hari Pelanggan Nasional, Bank Mandiri Bagi-bagi Bingkisan untuk Nasabah di Sulawesi
BANK MANDIRI
Bank Mandiri Bagikan Rahasia Sukses Transformasi Digital di IAF 2024
Bank Mandiri Bagikan Rahasia Sukses Transformasi Digital di IAF 2024
BANK MANDIRI
Perkuat Penanggulangan Bencana, Bank Mandiri Serahkan Bantuan SAR Rp 452 Juta dan Bentuk Tim ER
Perkuat Penanggulangan Bencana, Bank Mandiri Serahkan Bantuan SAR Rp 452 Juta dan Bentuk Tim ER
BANK MANDIRI
Bank Mandiri Fasilitasi Shin Tae Yong Layanan Golden Visa, Buka Jalan Investasi Asing di Indonesia
Bank Mandiri Fasilitasi Shin Tae Yong Layanan Golden Visa, Buka Jalan Investasi Asing di Indonesia
BANK MANDIRI
Bank Mandiri Tebar Promo Tiket MotoGP Mandalika 2024 di Livin'
Bank Mandiri Tebar Promo Tiket MotoGP Mandalika 2024 di Livin'
BANK MANDIRI
Bank Mandiri Berdayakan Para Petani lewat Fasilitas Pengolahan Beras
Bank Mandiri Berdayakan Para Petani lewat Fasilitas Pengolahan Beras
BANK MANDIRI
Bank Mandiri Kembali Bagikan Promo Kartu Kredit di Japan Travel Fair 2024
Bank Mandiri Kembali Bagikan Promo Kartu Kredit di Japan Travel Fair 2024
BANK MANDIRI
Tingkatkan Kualitas Lingkungan, Prasarana, dan Pendidikan, Bank Mandiri Laksanakan TJSL di Batam
Tingkatkan Kualitas Lingkungan, Prasarana, dan Pendidikan, Bank Mandiri Laksanakan TJSL di Batam
BANK MANDIRI
Bank Mandiri Gelontorkan KUR Rp 23,49 Triliun per Juli 2024, Bukti Kuat Dukung UMKM
Bank Mandiri Gelontorkan KUR Rp 23,49 Triliun per Juli 2024, Bukti Kuat Dukung UMKM
BANK MANDIRI
Bank Mandiri Teken MoU dengan Agung Sedayu Group dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia
Bank Mandiri Teken MoU dengan Agung Sedayu Group dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia
BANK MANDIRI
Bank Mandiri Dukung Fun Walk Menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024
Bank Mandiri Dukung Fun Walk Menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024
BANK MANDIRI
Berdayakan Pekerja Migran, Bank Mandiri Gelar Pelatihan Kewirausahaan di Johor Bahru
Berdayakan Pekerja Migran, Bank Mandiri Gelar Pelatihan Kewirausahaan di Johor Bahru
BANK MANDIRI
Bermitra dengan PSSI, Bank Mandiri Resmi Jadi
Bermitra dengan PSSI, Bank Mandiri Resmi Jadi "Presenting Partner" Timnas Garuda
BANK MANDIRI
OJK Ganjar Bank Mandiri Penghargaan di Hari Indonesia Menabung
OJK Ganjar Bank Mandiri Penghargaan di Hari Indonesia Menabung
BANK MANDIRI

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke